Pengertian Hepatitis


Hepatitis adalah suatu proses peradangan pada jaringan hati. Secara populer juga dikenal dengan sebutan penyakit hati, sakit silver, atau sakit kuning. Penyakit hepatitis terbanyak disebabkan oleh virus. Berdasarkan perjalanan penyakitnya dibedakan menjadi hepatitis akut dan hepatitis kronis. Disebut hepatitis kronis, bila penyakitnya masih berlangsung setelah 6 bulan.

Dengan semakin berkembangnya pemeriksaan serologis-imunologis untuk penyakit hepatitis virus, maka saat ini sudah dapat dideteksi 5 macam virus sebagai penyebabnya. Kelima macam virus itu adalah hepatitis A (VHA), virus hepetitis B (VHB), virus hepetitis C (VHC atau Non-A Non-B parenteral), virus hepatitis D (VHD), dan virus hepatitis E (VHE atau Non-A Non-B enterik). Masih ada 2 jenis virus lagi yaitu virus hepatitis G (VHG) dan virus hepatitis transfusion transmitet (VHTT). Kedua jenis virus ini masih belum jelas benar kemampuannya dalam menimbulkan penyakit dan perubahan patologi. Virus hepatitis F sekarang ini sudah diragukan keberadaanya. Yang paling umum ditemukan adalah VHA, VHB, dan VHC.

Kecenderungan meningkatnya jumlah penderita hepatitis terutama oleh virus, saat ini sudah merupakan masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan penanganan lebih baik. Hal ini disebabkan sebagian infeksi virus hepatitis akan menjadi kronis, yang bisa berakhir dengan kematian akibat gagalnya fungsi ginjal.



Comments