Faktor-Faktor Kesehatan Lingkungan


Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan lingkungan

1. Lingkungan Sehat

Lingkungan yang memiliki potensi dan daya dukung untuk menciptakan masyarakat yang terbebas dari segala macam penyakit.

Faktor-faktor yang mempengaruhinya :

· Faktor Fisik

Berupa biotik dan abiotik, dimana faktor tersebut sangat berperan penting bagi masyarakat dalam memperhatikan dimana tempat tinggal mereka akan di bangun. Jika suatu rumah dibangun di pedesaan sudah tentu disesuaikan dengan kondisi di pedesaan itu. Misalnya keadaan air yang bersih terhindar dari pencemaran akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat di pedesaan itu.

· Faktor Sosial

Berupa tingkah laku, kepandaian, adat istiadat, dimana faktor tersebut berperan dalam hubungan masyarakat dan lingkungannya. Misalnya masyarakat yang tinggal dikawasan yang rawan gempa, maka rumah yang mereka bangun dikawasan tersebut harus dibuat dengan bahan-bahan yang ringan namun kokoh. Disamping itu masyarakat juga berupaya untuk menciptakan lingkungan yang sehat dengan usaha-usaha tertentu. Misalnya masyarakat membuat bak penampungan sampah.

· Faktor Ekonomi

Berupa pekerjaan, pendapatan, kemiskinan dimana pada umumnya apabila dilingkungan tersebut diduduki sebagian besar orang yang tidak mampu maka secara tidak langsung mempengaruhi terhadap kesehatan lingkungan tempat tinggalnya. Misalnya didaerah-daerah pemukiman kumuh, karena kondisi keuangan mereka tidak memungkinkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat baik.

2. Lingkungan Tidak Sehat

Faktor-faktor yang mempengaruhinya :

· Faktor Fisik

Dilingkungan yang tidak sehat akan menimbulkan berbagai macam bibit penyakit. Misalnya sumber air di suatu kawasan tertentu yang tercemar oleh bahan-bahan kimia, maka masyarakat yang menggunakan air tersebut untuk kehidupan sehari-hari, mereka akan terserang penyakit dari pencemaran air tersebut.

· Faktor Sosial

Apabila kondisi social disuatu masyarakat tidak diperhatikan maka akan menimbulkan tatanan tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat lingkungan sehat dan masyarakatnya akan terserang penyakit, misalnya seseorang yang tidak sehat dan dia ingin pergi berobat, akan tetapi ia tidak sanggup karena jarak yang terlampau jauh untuk mencapai tempat berobat tersebut.

· Faktor Ekonomi

Masyarakat tidak mampu pada umumnya tidak melihat kualitas dari suatu makanan yang mereka konsumsi, sehingga mempengaruhi kesehatan mereka. Misalnya seseorang membelli makanan dipinggir jalan yang kondisi lingkungannya tidak sehat dan harganya yang murah.





Comments