ANEMIA


Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dan eritrosit lebih rendah dari normal. Pada pria hemoglobin norma adalah 14-18gr% dan eritrosit 4,5-5,5 jt/mm³. sedangkan pada wanita hemoglobin normal adalah 12-16gr% dan eritrosit 3,5-4,5jt/mm³. anemia pada remaja dapat berdampak pada menurunya produktivitas kerja ataupun kemampuan akdemis di sekolah, karena tidak adanya gairah belajar dan konsentrasi, anemia juga dapat mengganggu pertumbuhan dimana tinggi dan berat badan menjadi tidak sempurna selain itu daya tahan tubuh akan menurun sehingga mudah terserang penyakit.

Pada umumnya anemia lebih serng terjadi pada wanita dan remaja putri di bandingkan dengan pria yang sangat di sayangkan adalah kebanyakan penderita tidak tahu atau tidak menyadarinya. Bahkan ketika tahu pun masih menganggap anemia sebagai masalah sepele remaja putri mudah terserang anemia.

Cara mengatasi anemia

— Makan-makanan yang bnayak mengandung zat besi dari bahan hewani ( daging, ikan, ayam, hati, dan telur ) dan dari bahan nabati ( sayuran yang berwarna hijau tua, kacang-kacangan dan tempe) .
— Banyak makan-makanan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi misalnya jambu, jeruk, tomat dan nanas.
— Minum tablet penambah darah setiap hari khususnya saat mengalami haid.
— Bila merasakan adanya tanda dan gejala anemia, segera konsultasi ke dokter untuk di cari penyebabnya dan pengobatan.

Penyebab anemia

— Kurangnya asupan zat besi
— Berkurangnya zat besi dalam makanan
— Meningkatnya kebutuhan zat besi
— Kehilangan dara yang kronis
— Penyakit malaria
— Cacing tambang
— Infeksi-infeksi lain serta pengetahuan yang kurang tentang anemia.


Comments